about

Mentoring merupakan sarana pendidikan keIslaman (tarbiyah islamiyah), yang berorientasi pada pembentukan karakter dan kepribadian peserta (syakhsiyah Islamiyah). Mentoring merupakan kegiatan pendidikan dalam perspektif metode, mentoring Islam adalah metode memahami Islam dengan cara yang menyenangkan. Sugesti di masyarakat saat ini (terutama di kalangan remaja) menyatakan, mempelajari Islam biasanya ngantuk dan membosankan. Hal ini jelas salah marilah kita membangun agar sugesti itu hilang dan diganti dengan perspektif yang menyenangkan (Fun and I love it).
Karena itu, pelaku dalam kegiatan mentoring setidaknya harus memiliki dua kemampuan dasar. Yaitu, ‘kemampuan menasihati’ dan ‘kemampuan mendengarkan nasihat’. Rasuallah Saw dalam membina para sahabat tidak sekadar menjadikan mereka member/anggota. Namun lebih dari itu, yakni mengangkat dan membina potensi terbesar mereka, sehingga menjadi generasi unggulan dan sukses berjuang menegakkan Islam. Itu terjadi karena adalahnya manajemen yang baik yang Beliau contohkan.
Mentoring, dewasa ini banyak yang dilakukan ala kadarnya sehingga menimbulkan stigma buruk dan pencitraan yang kurang baik, yakni bercitra jauh dari profesionalisme dan kurang termenej. Mari sama-sama secara kuat menekankan pentingnya manajemen yang baik dan profesional dalam pengelolaan mentoring, sehingga setiap orang yang terlibat di dalam dapat mempelajari Islam dengan nyaman, tanpa ketakutan yang tak beralasan. Meningkatkan prestasi diri dan menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah Swt.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s